Kamis, 05 Januari 2012

Lega Curhat di BK



Lega Curhat di BK

G
URU BK, mereka paling ditakuti sama anak yang suka melanggar aturan sekolah. Eits tunggu dulu, nggak semua murid anti sama guru BK lho. Justru mereka menjadikan guru BK sebagai tempat curhat.
            Yaps, guru BK memang berfungsi khusus untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada para siswa. Guru BK banyak juga berperan dalam mendekati siswa dari hati ke hati. Khususnya untuk siswa – siswa yang memiliki masalah. Istilah gaulnya, guru tempat curhat gitu.

            Buktinya seorang pelajar, namanya pelajar, problem yang sering mereka adukan adalah masalah pelajaran. Hal lain yang di curhatin adalah masalah teman dan keluarga.

            Seperti ada seorang siswa SMK N 1 Tarakan, dia termasuk salah satu pengunjung ruang BK. “Aku sering sharing masalah pelajaran sama guru BK. Kebetulan aku lemah di bahasa inggris. Makanya itu aku mesti cari solusi, Caranya dengan sharing ke guru BK sekolah,” tuturnya.

Gito dong, kalau ada masalah mending diceritain aja. Kalau dipendam sendiri, tambah susah. “ Aku puas banget dengan solusi yang dikasih sama guru. Respon mereka baik banget. Jadi, kalau ada masalah sekolah, lebih baik kita konsultasi sama orang yang tepat. Salah seorang di antaranya guru BK di sekolah,” imbuhnya lagi.

            Hal ini sama juga di ucapkan oleh salah satu siswa yang lainnya juga, biasanya sebelum istirahat selesai, dia mampir ke ruang BK untuk menyapa guru BK Kesayangannya. Apalagi pada saat dia ga lagi mood belajar di kelas, langsung ke ruang BK, ngobrol – ngobrol sama gurunya. Kemudain dia dapat motivasi biar semangat belajar lagi.

            Dia pun mengatakan kalau respon guru BK nya baik banget. Malah di betah banget untuk cerita di ruang BK. Nggak Cuma curhat masalah, guru BK juga bisa dijadikan tempat konsultasi buat yang pingin cari tahu potensi akademiknya.
 Wah…dengerin ucapan temen – temen SMK N 1 Tarakan, kalian pasti pada pingin  ke ruang BK……Benerkan, Hehehehe…



ATRIBUT SAAT KONSULTASI

SAAT curhat di BK, kita di bimbing konselor yang siap mendengarkan curhatan kita dan memberikan sederet solusi manfaat. Nah, supaya acara curhat makin menyenangkan, nggak ada salahnya kita menambahkan beberapa atribut dalam konsultasi.

*         Makanan Ringan
Selain bisa menghilangkan lapar, curhat sambil ngemil adalah hal yng paling mengasyikkan. Nggak perlu makanan mahal kok. Sebungkus keripik kentang atau sestoples nastar bikin curhatanmu makin berwarna.

*         Musik Ayik
Curhat tentang pacar paling asyik ditemenin sama musik - musik yang easy listening kayak lagu – lagu dari band mellow macam Kahitna, Yovi & The Nuno dan lain – lain.Eits, kalo curhatnya sedih, jangan lupa bawa tisu buat menghapus air mata.

*         Bantal Kaki
Kita pelu badan yang rileks saat curhat. Salah satu cara agar badan lebih santai ialah melepas sepatu, lalu merebahkannya dibantal. Tapi inget, lakukan ini hanya pada situasi saat kamu abis pingsan. Tapi gak ada yang tanggung jawab ya kalau lonselormu bĂȘte sama kakimu yang bau, hehehe……

*         Janji – janji
Namanya juga curhat, udah pasti sifatnya rahasia dunk,,,,Karena itulah, jangan lipa buat mengatakan, “Janji ya Bu, curhatan saya jangan disebarin.” Dengan begitu, paling tidak kita bisa berharap, moga – moga curhatan kita tetep aman terpendam dan gak ada yang tahu.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar